Senin, 17 November 2008

Cara memulihkan Ingatan


Semua yang kita alami atau lihat
Hanya sekadar mimpi di dalam mimpi

Edgar Allan Poe (1809-1849)

Mimpi terang adalah mimpi ketika Anda sadar sedang bermimpi. Kebanyakan orang pernah mengalami suatu sensasi sadar bahwa mereka sedang bermimpi, tetapi mimpi tersebut biasanya lalu mengambil alih kendali sehingga pikiran sadar kita kembali tertidur. Walaupun begitu, dalam situasi ini kita dimungkinkan untuk secara sengaja membiarkan pikiran sadar kita yang mengarahkan mimpi. Sekali Anda berhasil mengendalikan mimpi, Anda akan dapat mengarahkannya ke mana pun Anda mau.

Edgar Cayce mengalami mimpi terang yang luar biasa selama Perang Dunia I. Istri Edgar yang bernama Gertrude melahirkan seorang bayi laki-laki, anak mereka yang kedua, pada tahun 1910. Malangnya, bayi tersebut hanya bertahan hidup dua bulan. Beberapa bulan berselang, Edgar bermimpi telah bertemu dan berbincang-bincang dengan beberapa murid sekolah Minggunya yang terbunuh dalam perang itu. Dalam mimpi tersebut, Edgar berpikir bahwa jika ia dapat melihat prajurit-prajurit muda ini, maka pasti ada suatu cara untuk melihat anaknya. Seketika itu juga, ia mendapati dirinya sedang berada di tengah kerumunan bayi. Salah satu bayi yang ternyata adalah anaknya, sedang tersenyum. Mimpin ini menghibur sang ayah yang sedang berduka itu sehingga ia akhirnya mampi melanjutkan kehidupannya. Contoh ini dapat memperlihatkan betapa bermanfaatnya mimpi terang.

Ada sejumlah hal yang perlu dikerjakan, yang dapat memperbesar peluang Anda untuk mengalami mimpi terang.

Langkah Pertama - Persiapan

Sebelum tidur, katakan pada diri Anda bahwa Anda ingin mengalami sebuah mimpi terang. Penting bagi Anda untuk bersikap rileks. Anda boleh berkata pada diri sendiri, “Malam ini, saat aku bermimpi, aku ingin menyadari bahwa aku sedang bermimpi dan aku ingin bermimpi tentang [apap pun yang Anda ingin alami].” Apabila Anda memaksakan munculnya mimpi terang, maka peluang untuk mengalaminya hanya kecil.

Tetapkan tindakan-tindakan yang ingin Anda ambil dalam mimpi terang tersebut. Dapat apa saja. Anda boleh memulainya dengan suatu hal yang sederhana. Selanjutnya, Anda boleh memutuskan untuk bertemu dengan seorang teman atau kerabat.

Langkah Kedua - Memasuki Sebuah Mimpi Terang

Apabila Anda terbangun saat tengah malam dan merasa ingin langsung kembali tidur, katakan pada diri Anda bahwa Anda ingin mengalami sebuah mimpi terang.

Jika Anda sering bermimpi mengenai suatu obyek atau peristiwa tertentu, katakan pada diri Anda bahwa pada saat situasi tersebut terjadi lagi, Anda ingin segera dapat mengendalikan pikiran sadar dan mengalami sebuah mimpi terang.

Mengalami mimpi terang adalah salah satu hal yang paling menyenangkan yang pernah Anda lakukan. Anda boleh pergi ke mana saja atau melakukan apa pun. Contohnya, Anda dapat mengadakan suatu perjalanan waktu, mengunjungi planet-planet lain, atau mengunjungi kerabat-kerabat yang tinggal di belahan dunia lain. Anda pun dapat menjelajahi kehidupan-kehidupan lalu Anda dengan detail yang lebih untuk dibandingkan dengan metode-metode lain.

Langkah Ketiga - Kembali ke Sebuah Kehidupan Lalu

Sekali Anda menyadari bahwa Anda sedang mengalami mimpi terang, katakan pada diri Anda untuk kembali ke salah satu kehidupan lalu dan perhatikan ke mana pengalaman tersebut membawa Anda. (Wajarnya, jika sudah akrab dengan inkarnasi-inkarnasi sebelumnya, Anda dapat kembali ke salah satu di antaranya jika Anda mau.)

Anda dapat memaju-mundurkan waktu di kehidupan lalu ini secara mental dalam kehidupan sekarang. Saat mengalami kehidupan lalu, carilah tujuan keberadaan Anda di masa itu. Temukan aktivitas-aktivitas yang Anda sukai, siapa saja orang yang berarti bagi Anda, apa yang Anda kerjakan untuk menyambung hidup, dan segala peristiwa yang terjadi pada diri Anda.

Manfaat mimpi terang adalah bahwa Anda dapat berdiri sedekat mungkin dengan berbagai peristiwa atau pengalaman. Apabila ada suatu hal yang sifatnya menyakitkan atau emosional, Anda dapat mengamatinya dari kejauhan. Anda bahkan dapat menyingkir jauh-jauh jika mau. Sebaliknya, Anda dapat bergerak mendekat dan kembali mengalami peristiwa serta pengalaman sukacita seperti saat dulu Anda mengalaminya.

Langkah Keempat - Kembali ke Kehidupan Sekarang

Anda selalu sadar bahwa Anda sedang mengalami mimpi terang sehingga Anda dapat kembali ke kehidupan sekarang kapan pun Anda inginkan. Sayangnya, Anda sering terseret pulang ke kehidupan sekarang jauh sebelum Anda siap untuk kembali. Walaupun peristiwa tersebut tampak menyakitkan, berbahaya, emosional atau traumatis, Anda sering ditarik pulang ke kehidupan sekarang. Hal ini disebabkan oleh insting bertahan hidup Anda yang sedang mencoba melindungi Anda. Kadang-kadang hal ini sama sekali tidak Anda kehendaki dan dapat sangat mengganggu.

Tetaplah bersikap tenang jika hal ini terjadi. Berbaringlah diam di tempat tidur dan lihatlah apakah Anda dapat kembali ke kehidupan lalu. Anda sering dapat kembali ke mimpi terang Anda kemudian melanjutkan penjelajahan. Menurut saya, cara yang paling baik untuk melakukannya adalah dengan memikirkan latar belakang kehidupan lalu itu. Dengan memikirkan bangunan-bangunan, pepohonan dan obyek-obyek lain di sekitar lingkungan tersebut, saya sering terbawa kembali ke mimpi yang sama dan dapat melanjutkan aktivitas-aktivitas yang tadinya saya tinggalkan.

Sebaliknya, Anda mungkin kembali tertidur dengan begitu saja. Tidak ada yang dapat dilakukan tentang hal ini. Nikmati saja tidur itu dan tetaplah percaya bahwa Anda akan tetap mengingat mimpi terang Anda setelah bangun.

Langkah Kelima - Catatlah Mimpi Terang Anda

Susunlah catatan mengenai pengalaman tersebut ketika Anda bangun pada pagi harinya. Kembalilah ke kehidupan lalu itu di malam berikutnya. Dengan melakukannya, Anda akan secara bertahap merampungkan sebuah catatan yang utuh atas sekian banyak kehidupan lalu Anda

Mimpi terang membutuhkan banyak latihan. Saya percaya bahwa setiap orang dapat mempelajarinya. Para praktisi ahli pun tetap mengalami kesulitan untuk memunculkan sebuah mimpi terang. Untungnya, kita masih memiliki metode mimpi sadar.

Mimpi Sadar

Mimpi sadar nyaris serupa dengan mimpi terang. Nyatanya, sebuah mimpi sadar sering beralih menjadi mimpi terang. Dalam mimpi terang, Anda sadar bahwa Anda sedang bermimpi kemudian dilanjutkan dengan proses mengarahkan mimpi tersebut. Dalam mimpi sadar, Anda terjaga dan mengarahkan pikiran ke tujuan yang Anda kehendaki.

Tidurlah pada jam tidur Anda biasa, pejamkan mata, dan rilekskan tubuh. Penting bagi Anda untuk tidak merasa lelah luar biasa dan tidak makan atau minum secara berlebihan. Pikirkan keinginan Anda untuk menjelajahi salah satu kehidupan lalu Anda. Biarkan bermacam pikiran mengalir di benak Anda. Hindari berpikiran negatif. Jika pikiran-pikiran tersebut terus tertanam di benak Anda, buanglah semua itu. Katakan pada diri Anda bahwa Anda akan memikirkannya besok dan sekarang Anda mempunyai hal-hal yang lebih baik untuk dikerjakan.

Setelah Anda rileks, pikirkan peristiwa-peristiwa yang telah terjadi dalam hidup Anda dan visualisasikan lingkungan sekitar Anda saat peristiwa-peristiwa tersebut terjadi. Anda dapat memilih peristiwa yang jauh dari rumah dengan lingkungan yang lebih eksotis dari biasanya, Saya selalu memikirkan kunjungan ke Kuil Poseidon di Sounion dekat Athena saat melakukan latihan ini. Apa pun yang Anda pikirkan, tidak masalah, asalkan pikiran-pikiran tersebut positif dan Anda dapat memvisualisasikan lingkungan sekitarnya. Pergilah sejauh yang Anda dapat di kehidupan Anda. Apabila Anda kembali ke masa kanak-kanak dan tidak ada apa pun yang dapat memicu respons dalam pikiran, berhentilah berkonsentrasi pada lingkungan sekitar dan pusatkan fokus pada wajah-wajah, suara-suara, dan perasaan-perasaan yang muncul dalam pikiran Anda.

Anda mungkin menjumpai salah satu gambar tertentu lebih menarik perhatian Anda dibandingkan gambar-gambar lainnya. Jika hal ini terjadi, berfokuslah padanya dan lihatlah ke mana gambar tersebut akan membawa Anda. Mungkin gambar tersebut akan membawa Anda memasuki mimpi terang yang berkaitan dengan kehidupan lalu. Apabila gambar itu tampaknya tidak membawa Anda ke mana pun, biarkan berlalu dan kembalilah ke kehidupan sekarang. Kadang-kadang mimpi sadar semacam ini akan berkelit untuk sementara waktu dan kemudian, secara tiba-tiba, Anda akan terseret memasuki sebuah mimpi terang dari salah satu kehidupan lalu Anda.

Anda akan sering tertidur sebelum mimpi sadar ini membawa Anda ke sebuah mimpi terang. Walaupun demikian, saat terbangun di pagi harinya, Anda mungkin akan memiliki ingatan yang kuat akan peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di sebuah kehidupan lalu.

Sebuah metode lain yang dapat Anda coba adalah sejenis yoga mimpi Tibet yang memicu munculnya mimpi sadar. Berbaringlah miring dengan kaki-kaki agak ditekuk. Pejamkan mata dan pikirkan tujuan Anda memasuki alam mimpi. Visualisasikan sekuntum bunga teratai biru yang bersinar indah di tenggorokan Anda. Bayangkan bunga itu mekar perlahan dan perhatikan sinar putih murni yang keluar dari pusatnya. Rasakan sinar putih ini perlahan memenuhi dan menyelimuti diri Anda dengan pancaran perlindungan, kedamaian, dan ketenangan. Saat bunga teratai itu perlahan mekar, dengarkan kata mantra Om [aum] yang diperdengarkan berulang-ulang dalam benak Anda.

Tetaplah sadar akan bunga teratai biru yang indah, sinar putih, dan kata mantra itu. Bernafaslah dalam-dalam secara perlahan serta tetaplah sadar. Anda akan segera sadar bahwa Anda sedang bermimpi, meskipun Anda masih terjaga. Pergilah bersama mimpi itu dan lihatlah ke mana Anda di bawanya. Jika perlu, arahkan mimpi itu dengan lembut menuju salah satu kehidupan lalu Anda.

Lamunan Sadar

Sejenis mimpi sadar juga dapat dilakukan dalam keadaan bangun. Metode ini adalah metode ketiga yang telah saya singgung di atas. Mimpi tersebut adalah sejenis lamunan.

Langkah Pertama - Persiapan

Anda memerlukan waktu sekurang-kurangnya satu jam, mungkin lebih, untuk latihan ini. Duduklah dengan tenang di tempat Anda tidak akan diganggu, pejamkan mata, dan tariklah beberapa kali nafas panjang.

Langkah Kedua - Pikirkan Ingatan-ingatan Kehidupan Lalu Anda

Pikirkan ingatan-ingatan kehidupan lalu yang muncul dalam mimpi-mimpi Anda. Tidak perlu terburu-buru. Alamilah ingatan-ingatan ini dengan selengkap dan sedetail mungkin.

Langkah Ketiga - Mintalah Informasi Tambahan

Setelah merampungkan langkah kedua, lihatlah apakah Anda dapat membuka ingatan-ingatan kehidupan lalu ini lebih jauh. Tidak perlu tegang saat menunggu hasilnya; tetaplah santai. Lamunkan saja dan lihatlah apa yang masuk ke pikiran Anda. Anda sering kali melanjutkan mimpi-mimpi sebelumnya. Simpanlah ingatan-ingatan tersebut sedapat mungkin.

Langkah Keempat - Kembali ke Kehidupan Sekarang

Hentukan latihan bila Anda merasa telah cukup mempelajari segalanya dalam sesi kali ini, atau bila lamunan tersebut bergerak ke wilayah-wilayah yang tidak ada kaitannya dengan kehidupan lalu Anda. Jalan yang paling lembut untuk kembali ke wilayah kesadaran penuh adalah dengan menarik lima kali nafas panjang sebelum membuka mata.

Langkah Kelima - Catatlah Penemuan-penemuan Anda

Tuliskan semua hal yang dapat Anda ingat sesegera mungkin setelah merampungkan latihan tersebut. Kebanyakan orang yang cenderung berpikir bahwa mereka akan tetap mengingat segala hal yang terjadi pada salah satu sesi ini. Sayangnya, ingatan-ingatan kerap pudar dengan cepat.

Belajar mengarahkan dan mengingat mimpi-mimpi Anda adalah cara yang sangat efektif untuk memulihkan ingatan-ingatan akan kehidupan lalu Anda yang lama hilang. Sebagian orang mudah mengingat kehidupan lalu dengan cara ini, sementara yang lainnya memerlukan ketekunan untuk mencapai hasil-hasil yang memuaskan. Walaupun demikian, kerja mimpi juga bermanfaat untuk tujuan-tujuan lain selain memulihkan ingatan kehidupan lalu. Kerja mimpi dapat mendorong penerimaan diri, memberikan bayangan-bayangan masa depan, memberi Anda intuisi bawah sadar dan berbagai peringatan, serta memampukan Anda untuk mengendalikan kehidupan Anda sepenuhnya. Caesar menyadari hal ini; ia menyeberangi Rubicon karena sebuah mimpi. Setiap upaya untuk mengingat mimpi-mimpi akan terbukti bernilai.

Tidak ada komentar: